Sunday, February 10, 2019

Penumpang Pesawat dari Batam Makin Sepi

Penumpang Pesawat dari Batam Makin Sepi, Suwarso: Biasanya 7.000 Sehari Kini Cuma 5.000

Jumat, 8 Februari 2019 21:29


Jumlah pengunjung keberangkatan maupun kedatangan di Bandara Hang Nadim menurun drastis pasca diterapkannya tiket berbayar dan meningkatnya harga tiket pesawat.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Badan Usaha Bandar Udara (Bubu) Hang Nadim, Suwarso.

"Dampaknya memang tidak hanya di Bandara Hang Nadim. Bahkan di bandara seluruh Indonesia sejak diberlakukannya tarif bagasi berbayar. Jauh sangat menurun dan berdampak di dunia penerbangan baik di Batam maupun di bandara lain," ujar Suwarso kepada Tribun di ruang kerjanya, Jumat (8/2/2019).

Diakuinya efek yang terjadi adalah efek domino. Mulai dari kalangan porter, wraping, bagasi dan pembeli oleh-oleh di Lantai 2. Semua mengaku resah tentang kebijakan yang dilakukan oleh airlines ini.

"Merugikan sekali. Biasanya Bandara Hang Nadim dapat melayani penumpang yang berangkat di atas 7.000 di hari normal, setelah diberlakukan turun sampai 5.000.

Memang selama seminggu ada kenaikan sedikit mencapai 6.000. Tapi memang terlalu jauh menurunnya," tutur Suwarso.

Suwarso berharap dalam hal ini pemerintah dapat mengevaluasi kebijakan bagasi berbayar tersebut. Pasalnya berdampak pada dunia pariwisata, kuliner, dan tenagakerja.

Semoga, kata dia, seluruh stakeholder bisa duduk lagi membicarakan yang mungkin dapat mengangkat lagi citra di Bandara Hang Nadim.

Ironisnya lagi, khusus hari ini, ada 11 penerbangan yang cancel. Diantaranya 2 penerbangan maskapai garuda dan 9 penerbangan maskapai Lion Air.

"Sebenarnya mengurangi jadwal penerbangan. Contoh garuda biasanya ada 6 penerbangan sekarang dikurangi 2 karena tak ada penumpang," kata Suwarso.

Suwarso menambahkan sejauh ini masih saja ada beberapa penumpang yang mengomel saat dimintai biaya bagasi, tetapi dia masih tetap bayar. Dan untuk barang yang ditinggal sudah tak ada lagi.


Sumber :
http://batam.tribunnews.com/2019/02/08/penumpang-pesawat-dari-batam-makin-sepi-suwarso-biasanya-7000-sehari-kini-cuma-5000?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts