Tuesday, November 25, 2014

4 - 10 Perusahaan di Batam akan Tutup


Badan Pengusahaan Kawasan Free Trade Zone Batam (BP Batam) mencatat ada empat perusahaan tutup sepanjang tahun 2014, sedangkan Disnaker memastikan 10 perusahan.

Perusahaan yang tutup usaha di Batam bergerak dalam bidang industri perkapalan dan elektronik. 10 perusahaan tutup usaha di Batam dan megakibatkan sekitar 3.000 orang kehilangan pekerjaan. Sementara pencari kerja mencapai 14 ribu dan lowongan kerja di 2014 ini hanya tiga ribu.

PT Nidec Seimitsu Batam adalah perusahaan penanaman modal asing asal Jepang yang memproduksi penggerak motor elektronik ke Saigon Hitech Industrial Park, Vietnam. Perusahaan ini sebelumnya bernama PT Sanyo Precision Batam, sebelum akhirnya diambil alih kepemilikan sahamnya oleh Nidec sekitar tiga tahun lalu.

Niksen menjelaskan banyak hal yang mengakibatkan PT Nidec tutup. Aksi demo yang disertai sweeping oleh pendemo terhadap pekerja membuat perusahaan ketakutan. Selain itu, upah yang ditetapkan pemerintah dianggap terlalu tinggi.

Untuk tahap awal, perusahaan mem-PHK-kan pekerja tingkat operator, kemudian supervisor, dan senior supervisor, di antaranya Nikson. Dia juga menjelaskan ada afiliasi PT Nidec yang juga mungkin tutup, yakni PT Nidec Servo dan PT Nidec Sankyo. Jumlah pekerja hampir delapan ribu orang.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mencatat, sekitar 3.000 pekerja telah menganggur akibat tutupnya 10 perusahaan galangan kapal di Batam. Menurut Kepala Disnaker Kota Batam, Zarefriadi, kenaikan upah minimum kota (UMK) Batam yang sulit diprediksi manajemen menjadi salah satu alasan 10 perusahan itu hengkang di tahun ini.

Dari awal tahun sampai awal April hanya dua yang dicabut izinnya. Yakni Panasonic Shikoku bergerak di bidang komponen elektronik di Batamindo dan Union Satria bergerak di bidang pengerjaan dan pembentukan logam yang berada di Kara Industrial Park.

Menurutnya, kedua perusahaan tersebut tutup dengan alasan perputaran produk barang-barang produksi yang telah habis masa pakainya. Satunya lagi karena memang odernya sepi, sehingga memilih tutup.


Sumber :
http://batam.bisnis.com/m/read/20140909/11/45293/bp-ftz-batam-disnaker-beda-data-soal-perusahaan-tutup
http://www.tempo.co/read/news/2014/09/17/090607619/Nidec-Seimitsu-Batam-Tutup-4500-Buruh-Di-PHK
http://batamtoday.com/berita47398-10-Perusahaan-di-Batam-Tutup,-3.000-Tenaga-Kerja-Menganggur.html
http://www.haluankepri.com/index.php/iklan/news/images/stories/Berita/2013/Maret2013/10Mar13/news/batam/45124-perusahaan-asing-tutup-bp-batam-belum-tahu.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts